Posted by: renoma77 | January 18, 2008

Januari 1st, 2008

Waktu itu menunjukkan pukul 5 sore.. dan saat itu aku masih berada di tempat kerjaku. Kebanyakan waktuku habis di depan komputer Support di tempat kerjaku.. merdeka.. yah merdeka.. kembali kemerdeka… sebagai pengganti cuti sang operator.. tempat yg membosankan meskipun jaraknya dekat dengan rumah namun tak kurasakan kesejukan dan rasa persahabatan disana…. ingin kukembali ke Air Mancur namun butuh waktu satu minggu lagi sampai selesai ku gantikan operator merdeka.. yah di malem 1 januari aku ingin kumpul dengan teman2 dan sahabatku di Air mancur meskipun niatku tak ingin merayakan taun baru coz ini menyangkut aqidah. Tapi rasanya aku telah lelah dan ingin ku rebahkan badanku di ruang tidurku sayup sayup mata lelah dan mulai memerah sunggug berat rasanya. DI saat ku mulai mengetikkan sesuatu di komputerku tiba-tiba mulcul Ym dari sahabatku…

Sahabat: BUZZ.!! Van… kesini yah… kita kumpul2 di Air Mancur… ada acara nih.. jangan lupa yah

Sejenak ku terdiam….

saya : Kayaknya ana gk bisa deh… gk tau nih.. perasaan ana gk enak..
sahabat : Knp van..ada apa?
Saya : gk tau nih.. kayaknya ingin istirahat aja di rumah… lagi cape..
Sahabat : Yah ivan… kan antum belum taun baruan sama ana… kapan lagi..

tersentak kuterdiam… dalam hatiku berkata.. emang iah .. ini adalah pertama kalinyaku belum pernah kumpul sama temen dan sahabat ku di malem taun baru masehi ini… namun niat kita bukan untuk merayakanya akan tetapi hanya berkumpul saja
tersentak ku berubah pikiran dan

Saya : hmmmm tar ana usahain yah..mungkin ana mo pulang kerumah dulu.. Insya Allah gw kesitu sekitar jam setengah 10..

Sahabat : Nah gitu donk.. ok ana tunggu ya.. jangan lupa..:d

ada rasa perasaan bahagia tercurah dihati… itu tandanya masih ada seseorang yang mau mengajakku … yah tak lain hanya seorang sahabat. Yah Seorang sahabat..

Tepat jam setengah 8 malam ..
Oh.. akhirnya… selesai jg kerjaanku.. aku pun mulai membereskan semuanya…. dan bersiap tuk pulang.. Semuah,…saya pulang yah… sampai ketemu nanti.. pamitku pada rekan2 kerjaku langkah ku pun berpacu dengan rasa lelah, kulangkahkan mulai keluar dari tempat kerjaku sampai ku di rumah.. hiruk piruk yg ku lihat di jalan tak membuatku merasa wah di malam taun baru itu,.

Di kamar… ku mulai rebahkan badanku.. dan istirahat sejenak.. namun ku tak banyak luangkan waktuku di kamar tidurku, aku pun segera bergegas dan mengganti pakaianku.. dan siap2 pergi …

Mah aku pamit yah… aku mau ke air mancur ada acara mau kumpul2 bareng temen.. pamitku kpd mama ku.. iyah… ati2 yah… jangan pulang malam..

Ok insya Allah… jawabku..

Akupun melangkahkan kakiku dari rumah menuju Airmancur…. di perjalanan sungguh padat oleh hiruk pituk manusia.. di malam taun baru masehi… jalanan macet.. suasana begitu panas… mungkin pancaran dari hawa manusia.. yg amat banyaknya…
Alhamdulillah akhirnya tiba juga di Air Mancur.. memang udah hal biasa di sini ramai di malam hari apalagi malam minggu.. namun disini melebihi ramai nya malam minggu.. coz malam taun baru masehi… bagi ku hal seperti ini biasa2 aja.. gk da yg istimewa..dan malah sebaliknya.. aku sedih.. coz.. apakah ini yg pernah di ajarkan nabi? apasih yg kira bisa petik dari malam taun baru ini .. Stupid, Crazy.. hanya ratapan yg bisa ku lihat….
Berselang tibaku di Air Mancur..(Plaza Air Mancur) kulihat teman2 dan sabahabtku tlah kumpul… senengnya bisa bertemu dengan mereka.. namun.. hatiku yg tadinya senang berubah menjadi diam dan merasa ada hal yg kurang.. pandanganku tertuju akan sahabatku.. ada apa gerangan dengan dirinya? tak biasanya kulihat dia seperti ini.. aku pun menjadi resah ku ingin bertanya padanya namun.. entah knp suaraku jadi bersembunyi. Namun tanpa ku bertanya dia pun berkata dengan nada sedikit bersedih

“van… tadi ada sms… katanya.. kk saya masuk rumah sakit lagi dan sekarng ada di Rumah sakit Ismail Marzuki. Mungkin sebentar lagi saya kesana.. gk bisa kumpul yah kita.. ” antum anter saya yah… gpp kan .

Sejenak ku terdiam …. dan akupun menjawab… “baiklah kalo begitu…” dengan hati senang ku ingin ada di samping sahabatku ketika dia dalam kesedihan.

Sesudah itu kamipun segera menuju RS. Ismail Marzuki dengan motor yg kami pinjam pada teman kami..di perjalanan kami sambut oleh hujan gerimis… titik demi titik air hujan.. membasahi pungungku.. namun.. tak kuhiraukan.. untungnya.. aku bawa jaket yg cukup bisa menahan tetesan air hujan.. Aku tak tau apa yg sedang di rasakan oleh sahabatku.. waktu itu…

Setibanya di RS.. kami pun masuk kedalam dan melihat sang kk sahabatku. sedang terkulai.. di pembaringan.. kulihat wajah sahabatku menjadi semakin sedih.. Namun syukur Alhamdulillah sang kk.. masih bisa berkomunikasi dengan kami dan keluarga sahabatku… namun nafasnya.. sudah agak sesak.. karena sedanng ada gangguan pernafasan. Disitu.. aku mulai kenal dengan Sang Mama sang adik sahabtku serta keluarga beliau. Entah kenapa waktu itu.. Hujan sangat deras sekali, aku yg waktu itu ada di samping sahabtku sedang mengobrol dengan sang kk.. dia menanyaiku… siapa namaku apakah kerja satu kerjaan dengan sahabtku.. aku menjawab segala yg di tanyakannya.
Ketika itu sang dokter datang.. dan menyakatakan bahwa pasien harus di bawe ke rumah sakit lain.. karena disini tidak bisa lama.. mungkin bisa namun kelas tiga sudah kosong… yg ada hanyalah kelas satu dengan biaya yg cukup mahal. Situasi ini menambah kebingungan sahabatku dan keluarganya..namun apalah arti diriku yg tak bisa berbuat apa2.. aku hanya berdiri menyaksikan semua itu… dengan segera sahabatku mencari tau RS lain yg bisa merawat kk nya… dia telpon RS lain dan bahkan mencarinya… aku disana hanya bisa berdoa.. semoga ada RS yg masih kosong. Namun segala usaha telah di lakukan sahabtku tak ada RS yg kosong.. gk da hasil. Sungguh semua itu menambah kebingungan sahabat serta keluarganya.. dan aku pun menjadi ikut bingung wkt itu.. aku bisa merasakan apa yg mereka rasakan. namun aku hanya bisa berharap… mudahkan lah Ya Allah…

Namun tak ada jalan lain selain sang kk harus di bawa kerumah… keputusan itu di buat oleh sahabat dan keluarganya… dan akhirnya pun sang kk akan di bawa kerumah.. dengan sebuah angkot.. waktu itu… sebelum kami bawa ke angkot sang kk masih keliatan sehat.. akan tetapi ketika di angkot.. sang kk mulai kejang-kejang.. apa yg sedang terjadi waktu itu membuat aku terkejut.. aku melihat sahabatku menangis.. mama menangis.. semua bingung mataku mulai berkaca-kaca menyaksikan semua itu.. apa yg mesti kami lakukan waktu itu ? Knp, ada apa ini knp jadi begini? dalam hatiku berkata kata… knp disaat orang orang sedang bersuka ria.., meniup terompet dan bersorak ria.. namun disini .. kita sedang menangis.. terharu dan bahkan kebingungan… ku tak sanggup menahan air mata.. namun ku berusaha untuk membendungnya… ketika itu kami pun (aku, sahabatku dan keluarga) membawa sang kk kembali kedalam RS.. dan di lakukan perawatan kembali.. semuanya mulai tenang karena kondisi nya membaik lagi.. namun… kebingungan trus saja..menghantui kami.. Didekatku.. mama sahabat ku menangis.. aku yg waktu itu berada di sampingnya.. membuat hatiku luluh tak bisa berkata kata dan mataku yg menahan rasa sedih. yang bisa aku katakan hanyalah Sabar ya ma.. kuatkan hati.. mungkin kita lagi di coba.. Alhamdulillah sungguh.. aku mendapati mama dan sahabatku sebagai orang2 yg sabar..
Setelah berunding.. akhirnya.. kami pun memilih untuk merawat sang kk di kelas A.. meskipun harganya lumayan mahal akan tetapi itu adalah jalan satu satunya yg harus kami pilih. kondisi kami pun mulai lega.. dan sang kk pun mulai membaik lagi..
Namun di ruangan tersebut.. aku lihat dari sinarnya mata sang kk.. terlihat kosong.. dia aku menatapnya heran .. karena dia menatapku.. denga begitu kosong… namun dia keliatannya sangat lelah dan dia pun tertidur… aku, sahabatku serta adiknya menunggu dialuar sedang di dalam ada sang mama serta istrinya kk…. di luar kami pun mengobrol2 namun waktupun berjalan dengan cepatnya.. hingga waktu menunjukkan pukul 4 pagi.. sungguh jika sekiranya besok aku tidak kerja .. ku akan ada disitu di samping sahabat jg keluarga beliau… namun besok aku harus kerja waktu itu pun aku pamit aku pulang… akan tetapi sahabtku mengantarku sampai rumah….
Sungguh aku telah menyaksikan dan baru menyaksikan ketika aku berada dalam sebuah keluarga yg sedang berada dalam kesedihan… atas peristiwa itu.. hubungan silaturrahmi terjalain… Alhamdulillah.. Subhanallah… dan aku bisa memtik pelajaran dari semua itu..

Setelah aku di antar oleh sahabatku.. aku pun tidur di ruang tidurku.. namun waktu terasa cepat sekali baru sekejap aku tertidur.. sudah menunjukkan pukul 9 pagi.. dan aku harus berangkat kerja.. Alhadulillah waktu itu tgl merah 1 januari 2008.. dimana di tempat kerjaku kerja aku bisa kerja dengan santai.. alhamdulillah user ku tak banyak.. dan aku pun bisa istirahat di tempaat kerjaku..😀

Sekitar pukul 4 sore aku melihat keluar jendela.. hujan waktu itu sunggh lebat sekali.. ada apakah gerangan..? tanya ku dalam hati… Aku harap ini bukan pertanda buruk.. hatiku.. tak tau knp berkata demikian..
Sekitar jam 5 sore.. ketika aku sedang duduk di depan komputer.. tiba-tiba ada yg pm aku.. oh ternyata dari Fery.. temanku..
Fery : Buzz..!! van….udah tau belom?
Saya : tau apa phe… phe knp, ada apa… apa yg terjadi..
Fery: Herman tadi telpon kesini…
Saya : Knp phe.. apa katanya?
Fery: KK nya meninggal van tadi jam 1/2 5 sore..
Aku kaget waktu itu hatiku kacau gk karuan… aku lemah.. mataku berkaca-kaca, aku tak kuat menahan air mataku… yg menjadikan aku sedih.. knp aku tak ada disaat sakatul maut menjemput kk sahabatku.. knp aku tak ada disamping sahabat dan kelurganya ketika itu? Ya Allah… sungguh engkau adalah yg maha pengasih lagi maha penyayang… Ampunilah Segala dosa kk sahabatku.. sungguh sebelumnya ku sempat berbincang dengannya.. namun kini kau telah mengambilnya.. Ya Allah.. Berikanlah kesabaran atas Sahabat serta keluarganya… aku menangis.. tak bisa kubendung air mataku… aku saja sedih apalagi sahabat aku.. disana….

Jam 8 malam aku bersama teman2 ku berencana untuk berta’ziah.. ke rumah sahabtku.. ku ingin melihat jenazah sang kk dan memberikan semangat untuk sahabatku.. disana aku melihat Jenazah sang kk.. dalam hatiku berkata.. KK.. baru kemarin kita masih berbincang.. kau berikan beberapa pertanyaan padaku,. dan sekarang kau sudah kembali kepada sang pencipta.. pasti kia semua akan menyusulmu… sambil ku lantunkan Yasiin.. di sampingnya…. Proses pemakaman pun di laksakan besok hari namun aku tak bisa mengantarnya sampai ke tempat pembaringannya yg terakhir… aku hanya bisa berdoa…

Afwan……………

 


Leave a Reply

Categories

